Balai Perikanan Budidaya Promal Memberikan Bantuan Bibit Rumput Laut Di Kota Tual.

  • Whatsapp

Tual, MX. Com. Balai perikanan budidaya Provinsi Maluku secara simbolis memberikan bantuan benih rumput laut kepada petani budidaya rumput laut di kota Tual.

Penyerahan bantuan dimaksud di lokasi Teluk di Dusun WatranKecamatan Dullah Utara berlangsung di saat Walikota Tual bersama rombongan membuka acara panen raya perdana rumput laut di kota Tual berlokasi di Teluk Luv. 27 Agustus 2020 penyerahan bantuan dari Balai perikanan Provinsi Maluku yang diwakili Suharnomenyerahkan bantuan bibit kepada Walikota Tual kemudian Walikota Tual menyerahkan kepada perwakilan kelompok budidaya yang ada di kota Tual.

Ketika Media Malukuexpress.com konfirmasi dengan Balai budidaya rumput laut Suharno terkait panen raya perdana yang ada di Teluk Luv Dusun Watran Ini hasilnya seperti apa.

Dirinya menjelaskan bahwa, kegiatan hari ini sangat bagus sekali Hasilnya cukup bagus dan kualitasnya untuk dijadikan bibit. Karena kami dari Balai setiap tahun ada bantuan bibit maupun sarana bibit dari Balai melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan, kita ini instansivertikal secara teknisada di balai untuk memberikan bantuan biasanya Kabupaten, kota, di wilayah kerja kami di Provinsi Maluku

Dimana kota Tual ada 4 kelompok budidaya yang kita sudah anggarkan untuk kegiatan bantuan bibit budidaya rumput laut dan sarana Namun karena kondisi pandemi covid 19 ini makanya anggarannya dipotong sehingga ada perubahan sehingga tetap terlaksana kepada masyarakat budidaya di daerah bisa bangkit dari kesulitan covid-19

Makanya saya berharap bahwa, acara inikecenderungannanti Menteri Kelautan dan Perikanan direncanakan akan berkunjung di Provinsi Maluku pada hari Senin 31 Agustus sampai 1 September paling tidak ada sinkron dari Kementerian dengan kelompok budidaya di daerah-daerah sehingga ada perhatian kepada masyarakat di pelosok pelosok yang jangkauan jauh dari Pemerintah pusat itu mereka tersanjung seperti panen raya saat ini luar biasa rumput laut hasil panen raya perdana ini dan mudah-mudahan bantuan bibit ini akan berlanjut ke tahun 2021 Karena untuk kita saat ini mau verifikasi kelompok calon penerima bantuan untuk tahun 2021 terkait dengan pendampingan yang dilakukan ke depan

Menurut Suharno, kita inikan instansi teknis dari Kementerian jadi soal pendampingan dan pengawasan itu selalu ada memang untuk rumput laut ini kan istilahnya tumbuhan tingkat rendah di mana dia renggang dengan cuaca ekstrem untuk itu secara teknis mengantisipasinya Itu Memang agak sulit biasanya cuaca ekstrem itu panas dan tidak ada arus, serta suhunya tinggi biasanya muncul ais ais atau keputihan pada rumput laut mengakibatkan terjadinya patah-patah pada cabang atau batang pada pertumbuhan rumput laut.

Selain itu pula kita sudah konsultasi dengan pakar terkait pengalaman-pengalaman yang dihadapi masyarakat di daerah-daerah. (MN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan