CATATAN SEJARAH LAHIRNYA ANGKATAN MUDA PATTIMURA

  • Whatsapp

SEJARAH YANG PERLU DI GARIS BAWAHI :

  1. Pattimura senior adalah satu generasi patriot-patriot Maluku pemangku adat angkatan tahun 1817 diseluruh wilayah adat Maluku dan Thomas Matulessy sebagai panglima perang pertama dengan gelar Kapitang Pattimura yang dilantik secara adat pada saat itu untuk memimpin Pattimura-Pattimura senior melawan penjajah.
  2. Pada saat Thomas Mau di eksekusi mati digantung penyertaan terakhirnya dengan sumpah bahwa BETA AKAN MATI, TAPI SEKALI KELAK AKAN BANGKIT, PATTIMURA PATTIMURA MUDA DAN AKAN MELANJUTKAN PERJUANGAN BETA. 

SECARA KULTUR

Pattimura-pattimura muda adalah generasi berikut setelah Thomas Matulessy dan kawan-kawan, terlahir secara de fakto dan perjuangannya sesuai tuntutan jaman dimana pembuktiannya sebagai berikut :

Sejarah mencatat pula bahwa Pattimura adalah pahlawan nasional yang pertama dimana titisan darahnya merupakan rintisan mencapai kemerdekaan Indonesia. Satu penghargaan yang tidak dapat dipungkiri GAMBAR KAPITANG PATTIMURA dipasang dimata uang negara republik Indonesia, sebagai alat tukar yang syah, jadi apa dan siapa Pattimura itu DIAKUI SYAH OLEH NEGARA secara de fakto maupun de jure.

II.  HISTORIS

Pada  saat  kebangkitan  nasional  1908  semua  anak  bangsa  bergerak  tak ketinggalan   juga   Pattimura   Muda   DENGAN   NAMA   “SAREKAT   AMBON” didalamnya, dan klimasnya pada tanggal 28 Oktober 1928 Pattimura Muda dengan nama “YOUNG AMBON” bersama YOUNG JAVA, YOUNG ANDALAS, BORNEO dan CELEBES telah meletakan satu fundamen yang  dikenal  dan menjadi mitos persatuan nusantara dalam kesatuan yang dikenal dengan “SUMPAH PEMUDA” isi sumpahnya satu nusa, satu bangsa, satu bahasa Indonesia, dan diproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945 oleh Soekarno – Hatta atas nama bangsa Indonesia.

Pada tahun 1945 Pattimura muda dengan nama PIM (Pemuda Indonesia Maluku)  sebagai  pengawal  Soekarno  presiden  Indonesia  pada  saat  itu  ibukota negara  berkedudukan di  Jogjakarta dan memberi gelar bung, kepada Soekarno dimana kata bung adalah gelar kehormatan untuk orang Maluku kepada yang lebih tua sebagai kakak yang dapat menjadi tuntutan dan penuntun.

Jadi seyogyanya Soekarno Hatta, Soetomo yang asli orang jawa HARUS DISAPA, MAS DAN HATTA ORANG PADANG HARUS DISAPA UDAH.

Tapi saat ini banyak yang menggelari diri bung tanpa mengerti ASAL USUL PREDIKAT BUNG DAN TANGGUNG JAWABNYA, maka tidak menjadi tuntutan tapi hanya sebagai tontonan.

  1. Sebagai bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya terbukti setelah kemerdekaan disetiap kota besar di Indonesia pada setiap tahun, tanggal 15 mei seluruh  masyarakat Maluku ditiap kota merayakan peringatan hari pahwalan nasional. Pattimura secara tradisional sampai saat ini tidak pernah absen.
  2. Sebagai generasi berikut Pattimura Muda melakukan perjuangan pendahulu yaitu mengisi  dan mempertahankan hasil perjuangannya sehingga pada era tahun 1970 “NAMA YOUNG AMBON” dirubah menjadi Angkatan Muda Pattimura oleh para tokoh mahasiswa,  pemuda masyarakat Maluku Indonesia yang tergabung dalam organisasi – organisasi pada saat itu yaitu HMMI, IMIM BOGOR IMALDA dan PERWANA serta beraktivitas sampai saat ini yang akan dijelaskan berikut ini :

III. VISI dan MISI

VISI

Angkatan Muda Pattimura (AMP) Mitra pemerintah pusat dan daerah Maluku sebagai alat sosial kontrol membangun pola pikir anak bangsa generasi penerus dalam kata dan perbuatan yang rasionalis obyektif, demokratis, transparan dalam sosial, seni dan budaya sebagai perekat kesatuan bangsa demi moral hukum dan etika.

MISI

Membangun Nation and Caracter Bulding anak bangasa yang cerdas, berkualitas, beradat dan beradab serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berjiwa sumpah pemuda 28 Oktober 1928 demi keutuhan NKRI.

IV. PROGRAM KERJA

Dalam tahapan menurut ruang dan waktu disesuaikan dengan Garis Besar

Haluan Negara GBHN.

V. SIFAT

Angkatan  Muda  Pattimura  sebagai  element  generasi  muda  anak  bangsa Indonesia,  pewaris hasil juang  Pattimura bersama pahlawan-pahlawan nasional lainnya  dari  Sabang  sampai  Meraoke  yaitu  kemerdekaan  Indonesia  yang  telah direbut dengan harga yang mahal yaitu keringat darah air mata.

Angkatan Muda Pattimura berkewajiban meneruskan perjuangan Pattimura senior yang telah merintis dan memproklamirkan kemerdekaan, berkewajiban mengisi dan mempertahankan sebagai pengemban sumpah pemuda, demi keutuhan NKRI sebagai harga mati.

Demikian apa dan siap AMP sudah berbuat sedang berbuat dan terus berbuat dengan prinsip mencintai perdamaian, mencintai persaudaraan, menghormati perbedaan tapi lebih dari itu mencintai kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dengan semangat Pattimura berjiwa sumpah pemuda 28 Oktober 1928 yang berazas pancasila dan UUD 1945 dan melaksanakannya secara murni dan konsekuen. Keanggotaan AMP adalah seluruh anak bangsa gernerasi muda wilayah Maluku dari ujung Halmahera sampai Tenggara jauh khususnya dan anak bangsa Indonesia pada umumnya yang sejiwa dan taat azas.

Angkatan Muda Pattimura Lahir

Pada tanggal 15 Mei 1970 Young Ambon Reengkarnasi (dirubah) namanya menjadi  ANGKATAN MUDA PATTIMURA melanjutkan perjuangannya  dengan kontribusi karya nyata sebagai berikut : KARENA MENURUT FONDING FATHER PENDIRI NEGARA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA PERTAMA MENYATAKAN : “TANPA MALUKU BUKAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK

INDONESIA”

VI. KESIMPULANNYA

Apa dan siapa Angkatan Muda Pattimura tidak terlepas dari Kapitang Pattimura Pahlawan Nasional Indonesia pertama.

1. Pattimura senior adalah tonggak sejarah perjuangan nasional

2. Angkatan Muda Pattimura melanjutkan perjuangan

3. Sejarah dipihak Pattimura dalam karya nyata

4. AMP Mitra pemerintah pusat dan daerah Republik Indonesia

VII. PENJELASAN

Pattimura adalah komunitas masyarakat adat yang terkordinir di wilayah hukum adat Maluku pada tahun 1817 dan Thomas Matulessy sebagai panglimanya dengan gelar adat KAPITANG berdasar sumpah  untuk memimpin peperangan (bukan gelar kehormatan) karena berlaku turun temurun dan AMP adalah ahli waris dan pewaris.

1. LATUPATI

Adalah para raja dan sultan dalam trachnya menurut keturunan sebagai kepala adat.

2. SANIRI

Adalah dewan pemerintah pembantu raja yang didalamnya terdapat bidang-bidang dan sub bidang dan dipimpin oleh Kewang Marinyo dan Kapitang-kapitang.

a. Bidang pemerintahan yaitu MIMBAR dan TAHTA (Agama dan adat), b. Bidang pendidikan, c. Bidang ekonomi d. Bidang sosial, e. Bidang kehutanan, f. Bidang kelautan, g. Bidang penerangan dan keamanan

3.  DEWAN SANIRI

Adalah struktur pemerintahan yang diatur oleh HUKUM ADAT, PATASIWA dan PATALIMA, dimana keyakinan masyarakatnya heterogin (berbeda-beda) tapi terikat dalam satu hukum adat “PELA GADNDONG” yaitu ; Bersaudara Dalam Perbedaan.

Semboyan Angkatan Muda Pattimura

  1. INDONESIA TANAH AIR BETA
  2. TANPA MALUKU BUKAN INDONESIA
  3. TANPA  ISLAM / KRISTEN, KATHOLIK, HINDU, BUDHA ALIRAN KEPERCAYAAN BUKAN MALUKU
  4. DEMI INDONESIA RAYA NUSA INA JAYA

HIDUP ANGKATAN MUDA PATTIMURA !!! LANJUTKAN PERJUANGAN

Jakarta, 15 Mei 1970

Hormat dari RIDO NISLON TUTUIHA (Ketua Umum Pusat) dan M. HATTA RENUAT, SH (Pembina)

INILAH NAMA PENDIRI Angkatan Muda Pattimura YANG PERLU DIKETAHUI : 1. LETJEN. TNI AD LEO LOPULISSA, 2. BRIGJEN MARINIR J.J SAHULATTA, 3. KOMBESPOL BERTH PIETERSZ, 4. KOLONEL TNI AD J. KARUBOEN, 5. DR. G.A SIWABESSY, 6. KOLONEL TNI AD. ONY MANUHUTTU, 7. HALIM SOAMOLE, SH, 8. J.L. SELANO, 9. FRITZ SAIMIMA.

NAMA TOKOH – TOKOH MASYARAKAT MALUKU DAN PENDUKUNG Angkatan Muda Pattimura Era TAHUN 1970 DI JAKARTA. Antara Lain : 1. LETJEN LEO LOUPOLISSA, 2. BRIGJEN MARINIR J.J SAHULATTA, 3. KOLONEL TNI AD J. KARUBOEN, 4. KOMBES POL BERTH PIETERSZ, 5. KOLONEL TNI AD ONY MANUHUTTU, 6. KOLONEL TNI AD HERMAN PIETERSZ, 7. H. SAMOLE, SH, 8. DR. GA SIWABESSY, 9. ABDUL CHALIK, SH, 10. IR. SYAUTA, 11. ISHAK SAHIRLELA, 12. J. TAHYA, 13. BEN TITIHERU, 14. CAPT. PATTNASARANY, 15. WEM. HARMUSAL, 16. BRAM TUAPATINAYA, 17. CAPT. LEO PATIHATHUAN. (**)

Penulis : Candra (Ketua DPD AMP Provinsi Maluku)

Editor : Alfa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan