Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku Berbagi Hewan Qurban

  • Whatsapp

Ambon, MX. Com. Kepala Wilayah Kementerian Agama (Kemenang) Provinsi Maluku  Jamaludin Bugis berbagi hewan Qurban saat lebaran Idul Adha 1441 Hijriah kepada masyarakat yang membutuhkan .

Dijelaskan Bugis kepada awak media. Jumat sore, 31/7/2020 di kediaman rumah dinas Kemenag Ambon Maluku.

Untuk keluarga besar Kementerian Agama Provinsi Maluku semua satuan kerja jumlah hewan Qurban 98 ekor sapi, kemudian untuk Kakanwil sendiri disalurkan 8 ekor dan sudah dibagikan ke mesjid yang ada wilayah Kota Ambon Maluku yakni Di Kapaha, Batu merah, Kebun cengkeh dan lain sebagainya, “ungkapnya.

Selain itu, dua ekor hewan Qurban nanti dilakukan upacara penyembelian di lokasi  rumah dinas Kemenang, “Insya Allah besok pagi. Sabtu 1/8/2020 akan disalurkan ke yang menerima dalam hal ini kepada fakir miskin, anak yatim dan orang yang membutuhkan.

Dan memang dalam sistim kita berubah, mereka datang ke lokasi namun dalam suasana pandemik corona bantuan disalurkan ke rumahnya masing-masing,”ucap Bugis.

Lanjut Bugis, suasana Covid-19 dalam lebaran Idul Adha 1441 Hijriah jadi sebuah solusi dan dalam kalangan Islam, Covid -19 ini berdampak terhadap kondisi ekonomi, tingkat kesulitan dalam mencari sumber kehidupan memang memprihatinkan.

Namun dengan adanya Idul Adha Qurban bisa memberikan bantuan berupa daging untuk dinikmati oleh masyarakat muslim yang ada di Kota Ambon Maluku sendiri dan selain dari itu, merupakan syariah dalam islam, paling tidak dapat membantu mereka dalam sebuah kenikmatan sendiri dalam suasana hari raya Idul adha ini dan sekaligus membangun solidaritas ukhuwah islamiah, persatuan dan persatuan,” Harapnya.

Jadi dalam konteks persepsi Islam itu, bukan hanya di lihat dari sisi dagingnya saja, akan tetapi ini sebuah hubungan kekeluargaan, hubungan ukhuwah Islamiah dan ikatan lahir bathin antar sesama muslim itu sendiri, bahwa dalam hidup ini ada yang kaya, miskin. maka hal itu yang membuat kita saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya, ”tutupnya. (AH)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan