Afifudin : Sarana Pemeliharaan Jadi Problem Program Kotaku

Malukuexpress.com, Kegiatan program kota tanpa kumuh (Kotaku) yang telah di lakukan di beberapa wilayah Kabupaten kota di Maluku dinilai telah berhasil membuat kawasan kumuh menjadi menjadi kawasan yang lebih baik.

Hal tersebut disampaikan sekertaris komisi III DPRD Maluku Rovik Afifudin kepada wartawan usai rapat bersama Balai Pelaksanaan Pemukiman Wilayah Maluku di ruang Komisi III DPRD Maluku, Kamis 4/2/2021.

Kawasan yang telah di rubah menjadi bersih salah satu contoh pada kawasan Talake Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon telah dibenahi seperti air bersih, penataan wilayah jalan setapak dan pembangunan lainya menjadi lebih menarik.

Akan tetapi menurut Rovik, problem program kotaku ini adalah tidak adanya pemeliharaan dan hal ini agar dapat deperhatikan oleh dinas terkait untuk dapat dikomonikasikan dengan pemerintah setempat agar dapat dialokasikan dalam APBD, dan kalau pemeliharaanya diberikan kepada Pemkot ambon maka Pemkot Ambon harus dapat mengalokasikan anggaran pemeliharanya.

Diharapkannya DPRD akan mendorong agar pemerintah pusat bisa mengalokasikan dana Kotaku ini juga untuk 8 Kabupaten kota yang belum kebagian bukan hanya Ambon, Tual dan Maluku Tenggah tetapi secara menyeluruh di wilayah Maluku,” Tandas Rovik.

Menurutnya, kalau dorongan ini membutuhkan dorongan politik, maka kita dorong jangan terlalu lama ditahan karena sudah pembahasan APBN dan kalau kita tidak mendorong ini maka tidak ada kesempatan untuk itu,” Tegas Rovik. (AN)

Pos terkait