Gelar Rakor Persiapan Komprehensif Dilaksanakan, ini Kata Dekan FKIP Unpatti

Malukuexpress.com, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Ambon memantapkan pelaksanaan ujian komprehensif bagi peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kategori II Tahun 2022. Hal ini dibahas dalam rapat koordinasi, yang terselenggara di hotel manise. Rabu (17/8/2022).

Rapat ini diikuti oleh seluruh admin, panitia dan koordinator bidang studi terkait. Koordinator PPG FKIP Unpati, Prof. Dr. I. H. Wenno, S.Pd., M.Pd menjelaskan ujian komprehensif adalah tahapan penentu bagi peserta untuk bisa mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dijadwalkan mulai pada Tahun 2022. “Kalau ujian tidak lulus, maka peserta tidak bisa mengikuti PPL,” jelasnya.

Disampaikan lebih lanjut, ujian komprehensif dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada 4 dan 6 Oktober 2022. Menyambut itu, dalam rapat yang berlangsung di Hotel Manise, kota Ambon ini juga dipetakan tim penguji. sejatinya sudah biasa dan memiliki pengalaman untuk melaksanakan ujian ini. Meski demikian, persiapan tetap dimatangkan, baik dari segi kesiapan penguji, kesiapan teknis, maupun kesiapan admin dan panitia. “,” tegasnya.

Pada ujian yang berlangsung daring direncanakan akan dipantau oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. apresiasi di lakukan dari kementrian untuk hal tersebut dan berharap mendapatkan masukan untuk mewujudkan pelaksanaan PPG yang semakin baik dan berkualitas.

“Ini sebuah kebanggan bagi FKIP Unpati walaupun secara daring untuk masuk ke room masing-masing pelaksana PPG. Di masing-masing kelas akan diamati. Itu menjadi kebanggaan bagi kita,” kata dia.

Tambahnya, materi ujian komprehensif berkaitan dengan proses pendidikan pada tahap kegiatan pendalaman materi dan pengembangan perangkat pembelajaran.

Kepala pengelola Uji Komprehensif Dr. Theresia Laurens., MPd mengharapkan pelaksanaan ujian ini nantinya dapat berjalan lancar, tanpa ada masalah, sehingga Undiksha dapat selalu dipercaya menjadi pelaksana PPG dan bisa menjadi contoh bagi perguruan tinggi lain. Ia juga mengingatkan tentang pelaporan, baik keuangan maupun pelaksanaan pembelajaran dapat dipersiapkan dengan baik.

Sebagai informasi, peserta ujian komprehensif tahap 1 Dan 2 sebanyak 900 orang yang terdiri atas bidang studi Bahasa Bali, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bimbingan dan Konseling, IPA, Matematika, PGPAUD, PGSD, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Seni Rupa, dan Teknik Komputer dan Informatika. (*

Pos terkait