Hak Oknum ASN Tidak Dibayarkan Di Kemenag KKT. Betoky Keluhkan Pelayanan Sesama ASN. Kakanwil Agama Maluku Geram ‘Jangan Sampai Persoalan Pribadi Berakibat Kerja Tidak Profesional’

MALUKUEXPRESS.COM, Terkait dengan Persoalan hak-hak yang belum dibayar oleh Kemenag KKT setelah pindah tugas, Yakni : 1. Kekurangan gaji 8 persen (2 bulan), 2. Uang Makan April, 3. Uang Makan Mei, 4. Tukin Mei, 5. Gaji 13 + Tukin 13 atasnama Christina Agusta Betoky, S.Th yang belum terbayarkan sampai saat ini. Mendapatkan atensi Pimpinan dari Kakanwil Provinsi Maluku.

Berawal dari Kepindahan saudara Christina Agusta Betoky yang dulunya Plt Kakemenag KKT dan dipindahkan sesuai usulan Kakemenag KKT untuk dipindahkan ke Kemenag MBD menjadi Kasie Bimas Kristen MBD sejak Desember, dan Januari sampai sekarang Juni 2024.

Padahal kalau dilihat, siapapun ASN yang dipindahkan sesuai aturannya. Harus semuanya sudah selesai di tempat dahulu, dan memulai di tempat yang baru.

Ironisnya yang terjadi lain bagi ASN atasnama Christina Agusta Betoky, S.Th. Ahuwalan, dengan ketidakprofesionalnya Kemenag KKT sehingga ini sampai menjadi atensi Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku.

Terhadap persoalan ini, Ny. Ch. Agusta Betoky yang dikonfirmasi media ini, Jumat (7/6) mengatakan bahwa, sejak saya dimutasikan ke MBD, hak-hak saya kok masih tertungak di Kemenag KKT.

Sebelum saya berangkat itu, saya datang ke Kantor Kemenag KKT untuk menanyakan supaya hak-hak saya pindah ke MBD dan segala sesuatu yang mungkin ada yang kurang, untuk hal-hal yang belum terselesaikan di KKT terselesaikan.

Namun, sampai saat itu dan hingga sekarang ini, belum juga di buat di Kemenag KKT untuk di pindahkan ke Kemenag MBD. Ini ada apa gerangan?.

Sebab segala sesuatu telah saya selesaikan di Kemenag KKT kok hak-hak saya, kenapa bisa dikebirikan seperti ini, ada apa ?

Saya harap marilah bekerjalah secara profesionallah dalam bekerja dan kalaupun ada yang menghambat tolong diberitahukan kepada saya, adakah persoalan pribadi kah atau Ada apalah, sehingga segala sesuatu kenapa terhambat sampai saat ini. Bayangkan dari bulan Januari hingga Juni 2024 belum diinput, “ungkapnya.

Tentunya, saya sangat berterimakasih kepada Pa Kakemenag MBD Pa Stev, yang terus menerus berupaya berkoordinasi menelpon Ke Kemenag KKT, namun entah kenapa direspon dengan baik, tapi tidak mengubris beliau, “tutupnya.

Terhadap persoalan ini, Pihak media berkoordinasi langsung hari Selasa, 11 Juni hingga Jumat 14 Juni 2024 dengan seluruh jajaran Depag KKT hingga Pucuk Pimpinannya di kantor Kemenaf KKT. Namun semua berjalan biasa-biasa saja. Dengan dalil sementara diinput. Entah kenapa dan menjadi pertanyaan besar, sebenarnya ini hal yang paling mudah di era digital ini. Tinggal Klik via online selesai, beda diera manual.

Namun yang terjadi, dan diamati langsung, perintah pimpinan di Kemenag KKT serasa tidak ada harga sama sekali, akibat ulah oknum ASN yang tidak bertanggungjawab pemegang Aplikasi Sakti dengan Paswoordnya, yang bekerja tidak profesional di Kemenag KKT, ini tentunya telah mencoreng nama kredibilitas Pihak Kemenag Provinsi Maluku dalam Pembinaan ASN yang tidak Maksimal dalam menjalani Amanah yang diberikan oleh Pimpinan.

Pihak media sangat berterimakasih kepada Kakemenag KKT Aloysius P. Rumwarin untuk responnya untuk melayani, namun begitulah sebagai Pimpinan, ada Anak Buah Serasa Pimpinan, yang entahlah apa yang menganjal untuk tidak amanah tunduk kepada perintahnya Pa Alo. Ahuwalan. Hanya Tuhan Yang Maha Tahu.

Yang tentunya Kementerian Agama, Namanya juga Agama, di Agama diajarkan tentang nilai-nilai kebaikan dalam diri seseorang yang ber AKHLAK dan Berpancasilais. Artinya ASN Bekerja Secara Murni dari Hati Nurani yang bersih dan tidak membawa hal-hal pribadi dalam pekerjaan, sehingga membias kepada orang lain.

Terhadap hal sepele ini, tak mendapatkan titik terang, kasihan juga, secara langsung Kakemenag KKT sudah berbuat, terakhir beliau yang ditelphon oleh redaksi, hanya bisa menjawab, ‘Pa Wartawan nanti dengan saya saja’, namun pernyataan-pernyataannya melecengkan dengan semua yang dicakapkan. Rabu (12/6), dan sampai saat ini tidak terproses. Ahuwalan, ini tentunya akibat ulah Oknum ASNnya yang tidak bertanggungjawab tersebut.

Teruntuk Hal yang sangat kecil dan sepele ini, telah menjadi atensi Pimpinan Kemenag Provinsi Maluku Dr. H. Yamin, S.Ag., M.Pdi. beliau sangat merespon cepat keluhan ini, tertuang dari konfirmasi ke beliau. Minggu 16 Juni 2024, lewat Whatshapp pribadinya, Selamat Pagi, baik mohon minta waktu konfirmasi ke kakemenag. Dan hari ini (18/6) beliau pun merespon dengan cepat, dan sangat menyesalkan ada masalah pribadi dibawah-bawah sehingga bias laporannya ke Kanwil Maluku terhadap pelayanan publik yang terjadi di Kemenag KKT.

“Siap, tetap berkoordinasi walaupun ditengah hari kegembiraan kita, bt juga sdh arahkan sebaliknya biar KKT yang menelpon ke MBD untuk mengklarifikasi walaupun surat klatifikasi tertulis sdh sampai ke saya tapi berupaya untuk mereka bicara langsung menyelesaikan persoalan ini, jangan sampai persoalan pribadi berakibat kerja tdk profesional. Terima kasihšŸ‘šŸ‘,”balasnya.

Dirinya sangat geram terhadap hal ini, karena ketidakprofesionalnya bawahannya dalam pelayanan, apalagi ASN dan sesama ASN, yang bisa mencoreng Kemenag seutuhnya. ‘Bagaimana lagi kalau pelayanan kepada Masyarakat’. (Tim)

Pos terkait