Pj. Bupati Malteng Jadi Upulatu Upacara Di HUT Pattimura Ke-207

Malukuexpress.com, Masohi – Pj. Bupati Maluku Tengah Dr. Rakib Sahubawa bertindak sebagai Upulatu upacara, dalam perayaan HUT Pattimura ke 207 di Negeri Saparua, rabu (15/5/2024).

Perayaan HUT Pattimura ke 207 Tahun 2014, mengusung tema Lanjutkan perjuangan Pattimura, wujudkan Maluku maju menuju Indonesia emas. Hadir pada kesempatan itu, Dandim 1504/Ambon, Waka Polresta Pulau Ambon, Forkopimda Malteng, Forkopimcam Saparua, para Camat se-Malteng, tokoh adat, serta masyarakat di Kecamatan Saparua.

Pj. Bupati Malteng Dr. Rakib Sahubawa mengatakan, perayaan HUT Pattimura keb 207, merupakan momentum untuk nenggelorakan kembali spirit nasionalisme dan kejuangan bagi para Pattimura muda dalam membangun Negeri ini.

“Pattimura tua telah tiada, tetapi Pattimura muda akan tetap ada untuk bersama-sama menghadapi tantangan, demi masa depan Maluku yang lebih gemilang,” kata Sahubawa dalam sambutannya.

Dijelaskannya, perayaan HUT Pattimura menjadi renungan bagi masyarakat Maluku, dalam menghayati spirit nilai-nilai kejuangan Pattimura dan tidak boleh lapuk ditelan zaman. Keberanian, rela berkorban, patriotisme dan cinta tanah air.

Sahubawa meminta kepada masyarakat, dalam membutuhkan komitmen yang kuat untuk terus berjuang dan tidak menyerah, haruslah seperti Pattimura yang tangguh berjuang, pantang menyerah demi kemajuan bangsa dan tanah air.

“Maka kita selaku Pattimura muda masa kini, perlu terus menggelorakan dan menyalakan api perjuangan dan loyalitas dalam membangun daerah, bangsa dan Negara,” pintah Sahubawa.

“Seperti ungkapan Thomas Matulessy, bahwa Pattimura tua akan mati, tetapi akan bangkit Pattimura yang tangguh dan perkasa,”

Ia juga mengatakan, sejarah adalah guru kehidupan, dengan belajar dari sejarah khususnya spirit dan nilai kejuangan Pattimura. Maka ketegasan tekad dan komitmen bersama, untuk membangun Maluku dan Indonesia.

“Kita belajar dari masa lalu, untuk menata nasa kini demi menggapai nasa depan yang lebih baik. Saatnya kita gemakan lagi ungkapan Indonesia tanpa Maluku bukanlah Indonesia. Bahwa orang Maluku telah memberi kontribusi besar bagi bangsa Indonesia. Kapitan Pattimura adalah salah satu buktinya,” ucap Sahubawa. (ME-08)

Pos terkait