BRIGJEN SAID LATUCONSINA DISAMBUT TARIAN ADAT SAAT KUNJUNGI DANAU KALI JODOH NINIVALA DI NEGERI PILIANA

BRIGJEN SAID LATUCONSINA DISAMBUT TARIAN ADAT SAAT KUNJUNGI DANAU KALI JODOH NINIVALA DI NEGERI PILIANA

Malukuexpress.com, TNI AL. Komandan Lantamal IX Ambon. Disambut tarian adat Negeri Piliana. Sabtu (28/11/22).

Didampingi oleh Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta Masyarakat Negeri Piliana Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T disambut tarian adat negeri Piliana, hal tersebut sebagai ucapan selamat datang kepada Komandan Lantamal IX beserta rombongan di Negeri diatas awan yang memiliki danau sumber air yang sangat jernih dan mempunyai cerita sejarah terbentuknya Negeri Piliana. di Wilayah Kecamatan Tehoru Maluku Tengah.

Selain tarian adat prosesi pengalungan selendang merah yang dberikan Latupati Negeri Piliana kepada Komandan beserta Rombongan ini juga diberikan sebagai wujud kebanggaan atas Putra Daerah yang menjadi raja atau pemimpin disuatu lembaga atau institusi ujar tertua adat Negeri Piliana, selain itu tertua adat negeri Piliana juga menyampaikan bahwa arti dari kunjungan Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina memberikan simbol arti tersendiri bagi tertua adat Negeri Piliana dari nama dan aura wajahnya dapat kita lihat dan rasakan bersama bahwa layaklah Seorang Pemimpin yang datang membawa sinar.

Adapun keunikan Danau Ninivala ini memiliki dua pohon yang tumbuh di dalam genangan air dan hidup terus menerus di tengah-tengah danau dengan intensitas air yang sangat jernih. Kegiatan dilanjutkan dengan prosesi penyiraman air Danau Ninivala kepada Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina dan Ny. Widiya Said Latuconsina oleh tertua adat Negeri Piliana. Hadir dalam kegiatan ini adalah Forkopimca Tehoru, Latupati seluruh Kecamatan Tehoru Maluku Tengah dan ketua Korcab IX DJA III serta PJU Lantamal IX.(Dispen Lantamal IX)

Pos terkait