Bupati Malteng Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2022 Kecamatan Nusalaut Di Ameth

  • Whatsapp
Bupati Malteng Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2022 Kecamatan Nusalaut Di Ameth

Malukuexpress.com, Bupati Maluku Tengah Dalam Sambutannya Pada Acara Musrenbang RKPD Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2022 Kecamatan Nusalaut Di Ameth Tanggal, 15 Februari 2021

Turut hadir , Wakil Bupati Maluku Tengah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah beserta Pengurus, Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah, PimpinanOPD dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, Kepala Kecamatan Nusalaut bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Nusalaut, Ketua dan Pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan Nusalaut, Kepala Pemerintah Negeri dan Perangkat Negeri se-Kecamatan Nusalaut, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, Insan Pers, Hadirin dan Undangan.

Bacaan Lainnya

Mengawali sambutannya, Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2022 di Kecamatan Nusalautsaat ini, guna memenuhi  salah satu tugas dan tanggung jawab kita bersama dalam penyelenggaraan pemerintahan dibidang Perencanaan Pembangunan Daerah.

Berkenaan dengan itu, saya menyambut baik dan mengapresiasi terlaksananya forum ini karena sangat penting bagi terjaminnya pelaksanaan Perencanaan dari bawah atau Bottom Up serta melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk berpartisipasi melakukan penajaman, penyelarasan, dan klarifikasi terhadap usulan program dan kegiatan dari masyarakat dengan rencana kerja dari masing-masing Perangkat Daerah. Sehingga hasilnya dapat dipakai sebagai landasan dalam melaksanakan pembangunan daerah gunamewujudkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah.

Forum Musrenbang Kabupaten di Kecamatan Nusalaut pada hari ini, pastinya merupakan lanjutan dari Musrenbang pada negeri-negeriyang telah dilaksanakan sebelumnya dan kemudian diselaraskan sesuai dengan usulan yang berkembang sebentar nanti dengan mempedomani sistim wajib dilaksanakan dalam perencanaan pembangunan.

Sesuai dengan tema pelaksanaan Musrenbang, Peningkatan Kualitas SDM, Investasi Infrastruktur melalui pengembangan Inovasi, saya berharap akan berkembang semangat perubahan dalam menjalankan pembangunan di kabupaten ini.

Saya berhararap, dengan berkembangnya SDM maupun ide dan gagasan pembangunan yang kreatif serta inovatif akan membuat lompatan pembangunan guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat serta tak ketinggalan pula terciptanya peningkatan daya saing daerah.

Apalagi RKPD Tahun 2022 yang akan disusun merupakan pelaksanaan tahun terakhirdalam periode pelaksanaan RPJMD Kabupaten Maluku Tengah tahun 2017-2022, sehingga dalam musyawarah ini harus betul-betul mengacu kepada RPJMD tersebut dengan tetap melihat kesinambungan berbagai program dan kegiatan yang diusulkan dari bawah, memperhatikan kondisi dan kemampuan daerah dan tetap mengacu pada prioritas pembangunan daerah.

Dengan demikian Visi, Misi, dan Program terobosan yang telah tertuang dalam RPJMD Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2017-2022, harus tetap diterjemahkan kedalam program pembangunan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah maupun Kecamatan sesuai kewenangan masing-masing demi “Mewujudkan Maluku Tengah yang Lebih Maju, Sejahtera dan Berkeadilan dalam semangat hidup Orang Basudara”.

Selanjutnya, perlu dipahami bersama bahwa dengan berlakunya Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang pelaksanaannya secara nasional, dimana semua pentahapan perencanaan harus dilakukan berbasis aplikasi dan  diinput secara online, maka daerah wajib meningkatkan kapasitas sumberdaya manusianya. Dengan demikian diharapkan bagi semua aparatur pemerintah mulai dari tingkat negeri/kelurahan sampai ke tingkat kabupaten harus siap dan dapat menguasai informasi dan teknologi.

Dalam kunjungan ini juga, TP PKK Kabupaten Maluku Tengah akan melaksanakan sejumlah program kegiatan bagi masyarakat Kecamatan Nusalaut. Untuk itu, patut diapresiasi dan didukung karena selain sangat membantu tugas Pemerintah dalam pembangunan, ternyata berbagai kegiatan tersebut seperti pengobatan masal, pembentukan dan pendampingan Sekolah Ramah Anak, Pendampingan danPembentukan P2TP2A Kecamatan dan Pembinaan 10 Program Pokok PKK dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan berharga ini dan sebelum mengakhirinyasaya tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat Nusalaut, agar senantiasa disiplin dalam pencegahan penyebaran COVID-19 dengan tetap mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak sertapada saatnya dapat mensukseskan pelaksanaan vaksinasi pencegahan Covid 19 oleh pemerintah.

Akhirnya dengan tetap memohon bimbinganAllah SWT Tuhan Yang Maha Kuasasaya membuka dengan resmi Musrenbang RKPD Kabupaten Maluku Tengah di Kecamatan Nusalaut Tahun 2022, “tutupnya. (Hmsmltng)

Pos terkait