Bupati Malteng Hadiri Acara Pengukuhan Adat Kepala Pemerintah Negeri Makariki

  • Whatsapp
Bupati Malteng Hadiri Acara Pengukuhan Adat Kepala Pemerintah Negeri Makariki

Malukuexpress.com, Bupati Maluku Tengah Pada Acara Pengukuhan Adat Kepala Pemerintah Negeri Makariki Sebagai upulatu Inta Siwalette Maatita. Selasa, 30 Maret 2021 Di  Negeri Makariki.

Turut hadir, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Maluku Tengah, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tengah, Para Pimpinan OPD Lingkup Kabupaten Maluku Tengah, Kepala Kecamatan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Amahai, Para Kepala Pemerintah Negeri dan Saniri Negeri, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, seluruh masyarakat Negeri Makariki, Pela-Gandong Negeri Makariki. Mengawali sambutannya, mengajak semua untuk memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah-SWT Tuhan Yang Maha Kuasa, karena hanya atas izin dan ridhoNya-lah, sehingga kita masih diberi kesempatan, kekuatan, dan kesehatan untuk menghadiri PengukuhanAdatKepala Pemerintah Negeri Makariki “Weynbert Wattimena” sebagaiUpuLatu Inta Siwalette Maatita, yang telah berlangsung dengan tertib, lancar, dan sukses.

Bacaan Lainnya

Berkenaan dengan itu, atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah saya mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya acara ini, sebagai wujud nyata pelestarian tatanan adat dalam melahirkan figur seorang pemimpin di Negeri Makariki, sekaligus meneguhkan eksistensi Negeri Makariki sebagai salah satu Negeri adat di Kabupaten Maluku Tengah.

Melalui momentum yang berharga ini, patut saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Negeri dan seluruh masyarakat Negeri Makariki, karena kecintaan dan kepedulianmasyarakat yang dilakukan melalui tradisi pengukuhan adat Raja disaat ini sebagai suatu prosesi identitas tradisonal dalam upaya untuk melestarikan tradisi adat dan hukum adat yang berlaku di negeri ini.

Sehingga dengan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap pengukuhan Raja secara adat ini, diharapkan warisan adat dalam pemerintahan lokal yang dipelihara secara turun temurun nantinya dapat berfungsi merawat identitas adat dan sosial budaya di negeri serta melahirkan anak-anak negeri yang memahami dan menghargai sejarah asal usul, dan adat istiadat yang masih hidup dan diakui oleh Negara dalam berbagai aturan hukum yang mengakomodir dan melegalkan hukum adat dalam penyelenggaraan pemerintahan negeri.

Untuk kepentingan itu maka melalui momentum  yang berbahagia ini, saya berharap masyarakat adat NegeriMakarikiterus menjaga dan melastarikan warisan leluhur dan tradisi adat yang ada di Negeri demi mencapai keharmonisan, kearifan lokal, kedamaian dan kesejahteraan masyarakat.

Terkait tugas dan tanggung jawab selaku penanggungjawab penyelenggaraan pemerintahan di negeri, maka saya berharap kepada saudara Kepala Pemerintah Negeri, agar selalu mengutamakan kepentingan masyarakat yangbenar-benar dilakukan dengan tulus dan niat baik untuk memajukan masyarakat dan negeri ini,dengan tetap berpedoman pada pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk itu, saya terus berharap agar kita semua selalu bekerjasama dan bergandeng tangan, bahu membahu, saling menghargai dan menghormati, memantapkan ikatan kekeluargaan sebagai orang basudara sertaterus mengembangkansemangat kebersamaan dalam pembangunandalam upaya membangun Kabupaten Maluku Tengah yang kita cintai bersama.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, sekali saya  bersama Wakil Bupati Maluku Tengah dan seluruh jajaran, mengucapkan selamat dan sukses kepada saudara “Weynbert Wattimena” sebagai UpuLatu Inta Siwalette Maatita- Raja NegeriMakarikiyang telah dikukuhkan melalui prosesi adat di hari ini.

Selanjutnya, saya mengucapkan terima kasih kepada Panitia penyelenggara, Pemerintah Negeri, seluruh masyarakat Negeri Makariki serta semua pihak terkait atas kesadaran, kepedulian, kecintaan, kerja sama seluruh masyarakat dalam mensukseskan prosesi ritual adat pengukuhan Raja Negeri Makariki.

Melalui kesempatan berbahagia ini pula, atasnamapribadi, keluarga, dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, Saya mengucapkan Selamat Merayakan Paskah kepada semua umat Kristiani di negeri ini, “tutupnya. (Hms)

 

Pos terkait