Pemberdayaan Masyarakat dan Penyelesaian Masalah Pertanahan Melalui Kegiatan Gugus Tugas Reforma Agraria Tahun 2022. Ini Pesan Pj Walikota Ambon

Malukuexpress.com, Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 86 tahun 2018 tentang reforma agraria. penyelenggaraan reforma agraria dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Turut Hadir dalam Rapat Kordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria Kota Ambon Tahun 2022 yaitu Penjabat Walikota Ambon Drs. Bodewin M. Watimena, M.Si, Kepala Kantor Pertanahan Kota Ambon Enggelien H. L. Pesulima, A.Ptnh, Sekretaris Daerah Kota Ambon Drs. Agus Ririmasse, AP.,M.Si, Asisten Pemerintahan Kota Ambon Elkyopas Silooy, S.H., M.H, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan,Penataan Ruang Kota Ambon M. Latuihamallo, S.T., M.T, Ambon, Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H., M.Hum. kegiatan ini berlangsung di Swiss-Belhotel Kamis (20/10/2022).

PJ Walikota Ambon Drs. Bodewin M. Watimena, M.Si menyampaikan untuk menyelenggaran reforma agraria tersebut maka perlu dibentuk gugus tugas reforma agraria (gtra) baik tingkat pusat maupun daerah sebagai wadah koordinasi lintas sektor untuk mendukung percepatan pelaksanaan nasional reforma agraria. program strategis gugus tugas reforma agraria kabupaten/kota dibentuk dengan surat keputusan bupati/walikota tentang tim gtra kabupaten/kota dan keputusan.

Kepala Kantor pertanahan tim pelaksana harian gtra kabupaten/kota gugus tugas reforma agraria (gtra) juga merupakan kelembagaan yang anggotanya terdiri atas lintas sektor kementerian/lembaga pelaksana serta juga melibatkan akademis dan tokoh masyarakat dilaksanaan pertama pelaksanaan melalu penataan reforma tahapan aset yakni agraria kegiatan kegiatan pensertifikatan tanah masyarakat melalui kegiatan redistribusi tanah dan legalisasi aset: kedua penataan akses yakni pemberian kesempatan akses permodalan maupun bantuan lain kepada subjek reforma agraria dalam rangka meningkatkan kesejahteraan yang berbasis pada pemenfataan tanah yang biasanya disebut pemberdayaan masyarakat.

Lanjutnya, penataan akses dapat dilaksanakan dengan pola pemberian langsung oleh pemerintah menfalistasi kerja sama antara masyarakat yang memiliki sertifikat hak milik dengan badan hukum melalui program kemitraan yang berkeadilan: penataan akses juga dapat dilaksanakan dengan berbasis klaster dalam rangka meningkatkan skala ekonomi nilai tambah serta mendorong inovasi kewirausahaan subjek reforma agraria.

Pelaksanaan gugus tugas reforma agraria memiliki arti penting sebagai upaya menata kembali penguasaan pemilikan penggunaan. dan pemanfaatan permukaan bumi dalam mewujudkan fungsi sosial atas tanah, karena nya harus ada sinergitas antara badan pertanahan nasional dan pemerintah daerah serta instansi yang terkait.

Untuk itu, saya mendorong tercapainya program reforma agraria namun, saat ini masih banyak sekali terjadi permasalahan sengketa konflik agraria, alih fungsi lahan pertanian yang masif, kemiskinan pengangguran, kesenjangan sosial dan turun nya kualitas lingkungan hidup.

Oleh karena itu, kita harus mengambil sikap danmenentukan langkahlangkah nyata. sayaberharap dengan reforma agraria permasalahan hadirin dansaya berkagraria sebagai kegiatan

Berharap dengan adanya tim gugus tugas reforma agraria ini, mampu mengatasi setiap permasalahan agraria yang ada.

saya berharap pelaksanaan gugus tugas reforma agraria tahun anggaran 2022 ini dapat disusun sebagai pedoman dan acuan dalam pelaksanaan kegiatan gtra baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten/kota sehingga dapat mendorong dan meningkatkan koordinasi di jajaran kementerian agraria dan tata ruang/ badan pertanahan pemangku nasional kepentingan dengan agar para terdapat kesepahaman dalam penyelenggaraan gtra untuk mewujudkan cita-cita mulia dari tujuan reforma agraria dan membuktikan kehadiran pemerintah dalam upaya mengurangi ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah dalam rangka menciptakan keadilan, Menangani sengketa dan konflik agraria serta menciptakan sumber kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat yang berbasis agraria,” jelasnya.

PJ walikota menghimbau kepada kita semua untuk mari sama sama-sama kita bersinergitas gugus tugas reforma agraria kabupaten/kota ambon, untuk dapat mewujudkan berbagai agraria tujuan penyelenggaraan melalui penataan aset. reforma sehingga kesejahteraan masyarakat dapat kita tingkatkan”.

Acara Rapat Kordinasi Gugus Tugas Reformasi Agraria Kota Ambon Tahun 2022 di buka Oleh PJ walikota Ambon,”tutupnya. (*

Pos terkait