Tahapan Pilkada Tahun 2024 Dimulai, KPU Malteng Sukses Gelar Peluncuran

Malukuexpress.com, Masohi – Guna menyambut Demokrasi lima tahun tingkat Provinsi dan Kabupaten, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) sukses menggelar peluncuran tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024.

Peluncuran dengan konsep pesta rakyat tersebut, berlokasi di Pantai Ina Marina, Kelurahan Ampera Kecamatan Kota Masohi, sabtu malam (22/6/2024).

Bacaan Lainnya

Pembukaan peluncuran tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024, ditandai dengan menekan tombol cetik oleh ketua KPU Provinsi Maluku serta Ketua KPU Malteng dan Komisionernya.

Hadir pada Kegiatan itu, Asisten II Setda Malteng, Ketua dan Sekretaris KPU Provinsi Maluku, Ketua KPU Kabupaten Malteng, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Malteng. Seluruh PPK dan PPS, OKP, Partai Politik (Parpol) serta Masyarakat Malteng.

Peluncuran Tahapan Pemilu ini dilaksanakan KPU Malteng dengan tujuan untuk menyebarkan Informasi kepada Masyarakat serta dapat meningkatkan Partisipasi Pemilih pada November mendatang.

Pj Bupati Malteng, DR. Rakib Sahubawa dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Setda Malteng, Julius Borro mengatakan, Peluncuran Tahapan Pilkada merupakan Awal yang sangat Penting dalam Rangkaian Proses Demokrasi, yang akan menentukan masa depan Kabupaten bertajuk Pamahanu Nusa ini.

Sahubawa, juga mengajak seluruh Masyarakat untuk Berpartisipasi Aktif dalam setiap tahapan Pilkada ini. Partisipasi Aktif Masyarakat tidak hanya menunjukkan Kedewasaan dalam berdemokrasi, tetapi juga memastikan bahwa, Proses ini berjalan dengan Lancar, Aman dan Damai.

“Marilah kita semua Bersinergi untuk menciptakan Suasana yang Kondusif, saling Menghormati dan Menjunjung Tinggi Nilai-nilai Demokrasi.” ucapnya.

Ia juga ingin menekankan pentingnya peran Media dalam memberikan Informasi yang Akurat dan Berimbang kepada Masyarakat.

“Media memiliki tanggungjawab besar dalam menyampaikan Proses dan Perkembangan Pilkada kepada Publik. Sehingga, Masyarakat dapat membuat Keputusan yang tepat berdasarkan Informasi yang benar,” ujarnya.

Selanjutnya Sahubawa juga ucapkan Terima kasih kepada Aparat Keamanan, baik TNI dan Polri atas Dukungan dalam menjaga dan memastikan Kondisi Keamanan pada sebelum, saat Pilkada berlangsung dan sesudah Pilkada agar tetap Kondusif.

Pada kesempatan itu juga, Ketua KPU Provinsi Maluku, M. Sadek Fuad mengatakan, Momentum ini akan dilakukan KPU untuk Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Pemilihan Bupati/Walikota secara Serentak.

“Semua Tahapan Pelaksanaan Pilkada Serentak sudah ditahap terakhir. Pastikan sudah ada di dalam Daftar Pemilih lima bulan kedepan kita sudah sampai pada bulan November 2024,” ungkap Ketua KPU Provinsi.

“Jangan Sia-siakan Kesempatan ini, kami ajak seluruh Masyarakat untuk Berpartisipasi. Pastikan kita ada sebagai Pemilih,”

Sementara Ketua KPU Malteng Abdurahim Lesnussa mengucapkan rasa Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malteng karena dapat Memfasilitasi Kegiatan yang berlangsung di Malteng selama ini.

Ini merupakan bagian Penting bahwa, pada 27 November 2024, kita akan melakukan Pemilihan Pertama secara Serentak di Kabupaten Malteng. Olehnya itu, saya mengajak semua Pihak yang Terkait untuk Bersama-sama mensukseskan Pilkada pada November mendatang.

“Pemilu adalah Sarana untuk menyalurkan Aspirasi, untuk itu harus dilakukan dengan Riang Gembira oleh seluruh Masyarakat dengan Aman, Damai dan Lancar,” tutupnya. (ME-08)

Pos terkait