Babinsa Koramil 1508-01/Tobelo, Komsos Sekaligus Membantu Petani Semprot Hama Pada Tanaman Jagung

Babinsa Koramil 1508-01/Tobelo

Malukuexpress.com. Halut, Babinsa Koramil 1508-01/Tobelo Koptu Joksman melaksanakan komsos dan membantu petani menyemprot hama pada tanaman jagung di kebun milik bapak Yosep Adam Desa Kali Pitu Kec.Tobelo Tengah Kab. Halmahera Utara, Sabtu (8/5/2021).

Keberadaan hama ataupun gulma sangat mengganggu tanaman jagung pada masa pertumbuhan hingga masa pematangan harus dibasmi melalui penyiangan ataupun penyemprotan dengan herbisida tertentu, karena bila dibiarkan akan mengakibatkan tanaman jagung kekurangan unsur hara, air dan cahaya yang berdampak pada menurunnya produksi hasil panen.

Bacaan Lainnya

Koptu Joksman dalam kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka menyukseskan progam swasembada pangan pada tanaman jagung, sehingga Babinsa ikut turun langsung ke lapangan melaksanakan komsos dengan memberikan pendampingan kepada petani dan membantu petani dalam penyemprotan tanaman jagung untuk memberantas hama ataupun gulma.

Pendampingan terhadap petani merupakan upaya TNI membantu petani dalam mewujudkan swasembada pangan. “Dengan penyemprotan ini, mudah-mudahan hama tanaman jagung bisa hilang dan tanamannya subur serta bisa panen banyak, bisa panen sesuai yang diharapkan para petani pada umumnya”, harapnya.

Dengan selalu berinteraksi dengan petani, Babinsa tidak saja melaksanakan tugas mendukung keberhasilan program ketahanan pangan, tetapi juga bisa melakukan komunikasi sosial (komsos) dalam upaya memantapkan Bintahwil (Pembinaan Pertahanan Wilayah), ujarnya.

Selain itu, Babinsa juga sekaligus memberikan himbauan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti selalu memakai masker dalam beraktifitas.

Sementara bapak Yosep Adam mengatakan, terima kasih bapak Babinsa yang selalu meluangkan waktunya melakukan pendampingan kepada para petani, dengan terus memotivasi dan memberikan semangat sehingga membuat kami lebih giat dalam bercocok tanam, katanya. (Pendam16)

 

Pos terkait