Guspurla Koarmada III laksanakan serbuan vaksin di Pulau Buru

  • Whatsapp

Malukuexpress.com Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada III kembali menggelar serbuan vaksin COVID-19 untuk kesekian kalinya. Kali ini, masyarakat maritim di Pulau Buru, tepatnya di Namlea Kabupaten Buru, Provinsi Maluku, yang mendapat giliran serbuan vaksin oleh Guspurla Koarmada III, Rabu 8 September 2021.

Kegiatan tersebut bersamaan dengan pelaksanaan operasi pengamanan perairan perbatasan wilayah timur Indonesia, yang berlangsung sejak awal Agustus 2021, dengan menggunakan kapal markas Guspurla Koarmada III, KRI Albakora-867. Disamping itu, kegiatan serbuan vaksin kali ini juga merupakan rangkaian peringatan HUT TNI AL yang ke-76.

Bacaan Lainnya

Danguspurla Koarmada III, Laksamana Pertama TNI Retiono Kunto menjelaskan bahwa Kegiatan Serbuan Vaksin tersebut merupakan tindak lanjut dari Perintah Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono untuk mendukung percepatan program vaksinasi di seluruh Indonesia, terutama bagi masyarakat maritim yang berada di Pulau-pulau terpencil dan terluar di wilayah Indonesia Timur yang masuk dalam wilayah kerja/operasi Guspurla Koarmada III. Percepatan maksudnya ialah mereka berusaha agar semakin banyak masyarakat dapat menjalani vaksinasi secara gratis dan mudah.

Disamping hal tersebut, Pelaksanaan vaksin di Pulau Buru merupakan manifestasi dari tugas pokok Guspurla Koarmada III, khususnya dalam hal pengamanan pulau-pulau di wilayah terpencil dan terdepan. Wilayah pulau terpencil merupakan daerah yang penting karena akses komunikasi yang terbatas sehingga langkah ini dilakukan untuk mempercepat program tersebut. Danguspurla Koarmada III menyatakan ke depan Guspurla Koarmada III akan berkomitmen untuk melanjutkan program serbuan vaksin tersebut.

Pada kesempatan itu, sebanyak 325 vaksin Sinovac diserahkan Danguspurla Koarmada III kepada nakes Pemerintah Kabupaten Pulau Buru untuk disuntikkan. Ratusan warga sekitar juga tampak bersemangat dan antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar di Aula Gedung Kantor Bupati Buru itu. Tercatat Jumlah pendaftar sebanyak 264 orang, Hadir 193 Orang, tervaksin 168 Orang dan tidak tervaksin 25 Orang dengan perimbangan kondisi kesehatan.

Sementara itu Bupati Buru, Ramly I. Umasugi, dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TNI AL dalam hal ini Guspurla Koarmada III yang telah berkenan hadir di Namlea dalam rangka melaksanakan kegiatan sosial serbuan vaksin. Langkah yang dilakukan TNI AL tersebut ibarat sebuah orkestrasi multihelix dalam upaya melanjutkan peradaban dan menyelamatkan generasi bangsa. (*)

Pos terkait