Personil Satgas Yonif 734/SNS Sinergi Dengan Polsek Leihitu Kawal Baku Pukul Manyapu

  • Whatsapp

Malukuexpress.com, Personil Satgas Yonif 734/Sns bersama Polsek Leihitu melaksanakan apel gabungan dalam rangka pengamanan tradisi Luhur pukul sapu 7 shawal 1442 H di negeri Mamala dan Morela yang diselenggarakan di Stadion mini Kapitan Telukabessy, Kamis (20/5/2021).

Personil Satgas Yonif 734/SNS Sinergi Dengan Polsek Leihitu Kawal Baku Pukul Manyapu

Komandan Kompi SSk I Lettu Inf M Tanri Bali mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dan sudah menjadi tradisi setelah hari raya ke 7 idul fitri dan menjadi tanggung jawab Pos Satgas Yonif 734/SNS dan Polsek Leihitu untuk mengamankan dan memberi rasa aman kepada masyarakat dalam menjalankan tradisi tersebut.

Bacaan Lainnya

Tradisi atraksi pukul sapu ini dibuka langsung oleh Bapak Raja Negeri Morella selaku penanggung jawab, Hasan Afifudin Ameth, warga masyarakat Mamala dan Morella sangat antusias untuk meyaksikan budaya pukul menyapu ini.

Personil Satgas Yonif 734/SNS Sinergi Dengan Polsek Leihitu Kawal Baku Pukul Manyapu

“Masyarakat akan selalu bahu membahu dan bergotong royong untuk tetap melestarikan Budaya pukul sapu lidi ,sehingga tidak terhapus dengan adanya perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang semakin canggih seperti saat ini”, ujarnya.

Selain mempertunjukan tradisi Pukul menyapu acara tersebut juga menampilkan tarian daerah seperti tarian Cakalele, tari Saliwangi, tari Lisa, dan atraksi bambu gila.

Di tempat terpisah Stenli (30 Thn) salah seorang masyarakat mengatakan bahwa tradisi ini adalah tradisi yang ditunggu oleh masyarakat Maluku pada umumnya selain untuk memperkenalkan kebudayaan Maluku, kegiatan ini juga dalam rangka mempertahankan nilai – nilai budaya yang harus dijaga, ujarnya. (Pendam16)

Pos terkait