Deputi SKK Migas Courtessy Call ke Polda Maluku, Kapolda: Polda Siap Sinergi dan Amankan Kegiatan Investasi di Maluku

Malukuexpress.com, POLDAMALUKU- Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menerima kunjungan silaturahmi dari Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Rudi Satwiko. Ia bersama tim SKK Migas diterima di ruang tamu Kapolda, Mapolda Maluku, Kota Ambon, Selasa (24/1/2023).

Saat menerima kunjungan SKK Migas yang melaksanakan Courtessy Call di Polda Maluku, Kapolda didampingi Wakapolda Brigjen Pol Stephen M. Napiun, Irwasda Maluku, Direktur Reskrimum, dan Kabid Humas Polda Maluku.

Deputi Bisnis SKK Migas Rudi Satwiko menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Maluku yang telah meluangkan waktu menerima kunjungan pihaknya.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada Polda Maluku yang selalu mendukung program SKK Migas dari segi pengamanan dan keamanan,” katanya.

Kedatangan SKK Migas hari ini, kata Rudi, dilakukan untuk melaksanakan courtesy call dengan Polda Maluku dalam hal pembahasaan pengamanan.

Ia menyampaikan potensi migas di Maluku sangat signifikan. Salah satunya potensi gas di Blok Marsela. Biasanya, apabila ditemukan sumur gas yang besar maka di area sekitar juga pasti memiliki hal yang sama. Hanya saja belum dieksplore.

“Olehnya itu saat ini SKK Migas fokus di Indonesia Timur. Sehingga diperlukan pengamanan (untuk melakukan eksplore),” kata dia.

SKK Migas, kata Rudi, berencana untuk melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Polda Maluku dibidang keamanan dan pengamanan.

“Kami ingin memiliki PKS (Perjanjian Kerja Sama) dengan Bapak Kapolda Maluku, kami butuh support dalam segi pengamanan atau keamaan,” katanya.

Kunjungan SKK Migas disambut baik dan diterima secara hangat oleh Kapolda Maluku Lotharia Latif.

Ia mengungkapkan, dalam hal kerjasama, yang paling baik atau kata kuncinya adalah koordinasi dan komunikasi.

“Sesuai arahan Bapak Presiden kita tidak boleh ada lagi yang menyulitkan investasi dan polisi wajib mendukung seluruh program Pemerintah,” katanya.

Irjen Latif mengaku sangat mendukung SKK Migas terkait investasi perminyakan di provinsi Maluku. Sehingga kolaborasi dan komunikasi perlu ditingkatkan.

“Walaupun ada hambatan jika kita lakukan kerja sama dan komunikasi yang baik maka semua akan berjalan sebagaimana mestinya,” kata dia.

Kapolda mengaku pihaknya juga akan membangun komunikasi dengan TNI dan instansi terkait dalam mendukung investasi di Maluku.

“Mudah-mudahan dengan pertemuan ini kita banyak berkomunikasi dan kami akan membagun tim satgas khusus untuk menjaga keamanan investasi di Maluku,” ujarnya.

Terkait keamanan, tambah Irjen Latif, merupakan tanggung jawab Kepolisian. Sementara mengenai investasi sudah menjadi perintah Presiden yang harus diamankan. Sehingga ada atau tidaknya PKS, Polri khususnya Polda Maluku tetap melakukan pengamanan.

“Perjanjian kerjasama itu hanya soal administrasi. Tapi secara riil di lapangan, ada atau tidaknya PKS kami tetap mengamankan. Jadi kami Polda Maluku siap mendukung SKK Migas,” tandasnya. (*

Pos terkait