Irjen Kementan Ikut Turun Ke Lapangan Dalam Upaya Menjaga Ketahanan Pangan di Kota Ambon

Malukuexpress.com, Dalam upaya menjaga ketahanan pangan dan mengantisipasi krisis pangan, Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian, Dr. Jan S. Maringka melakukan kunjungan kepada Kelompok Tani Penerima Bantuan dari Kementerian di Desa Tawiri Kecamatan Teluk Baguala Kota Ambon Provinsi Maluku, Kamis (24/11).

Kunjungan ini merupakan salah satu bagian dalam rangkaian kegiatan Rapat Kordinasi Pengawasan Bidang Ketahanan Pangan di Provinsi Maluku. Kunjungan ini dalam rangka monitoring dan evaluasi pemanfaatan bantuan dari Kementan berupa benih dan alat pengolah pasca panen.

Dalam kesempatan yang sama Irjen Kementan juga melakukan penyerahan bantuan ke Kelompok Tani Mujur, Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Bantuan berupa Sarana Pengolahan Sagu yang diberikan, diharapkan dapat mengembankan Kemandirian Pangan di wilayah Kabupaten Maluku Tengah khususnya di Desa Tulehu. Selain itu bantuan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat berupa pengembangan pangan lokal sebagai salah satu strategis dalam menjaga ketahanan pangan. Bahanpangan yang dihasilkan selain dapat dikonsumsi juga dapat dijual untuk menghasilkan keuntungan komersial.

Ketahanan panagan merupakan faktor penting dalam mencapai Nawacita Presiden RI : “Struktur ekonomi yang produktif,mandiri, dan berdaya saing”. Ketahanan pangan dapat terwujud apabila masyarakat mandiri secara angan, mampu memenuhi kebutuhan pangan baiklewat produksi maupun melalui akses yang mudah ke bahan pangan.

Oleh karena itu, Kementerian Pertanian didampingi Inspektorat Jenderal selalu berkomitmen dalam membantu meningkatkan kapasitas produksi pangan masyarakat lewat pelaksanaan program-program strategis pertanian.

Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian berkomitmen untuk melakukan upaya-upaya dibidang pengawasan, antara lain melakukan pengawalan, pendampingan dan monitoring evalusia (monev) terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh Unit Eselon I Kementan di daerah.

Pengawalan, pendampingan dan monev tersebut bertujuan untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan kegiatan Kementan dan dalam upaya untuk menjaga ketahanan pangan di daerah. (*

Pos terkait