Rapat Paripurna DPRD Maluku Bahas 4 Ranperda Inisiatif Dewan

  • Whatsapp

Malukuexpress.com, Rapat DPRD Provinsi Maluku yang berlangsung di ruang paripurna DPRD Maluku untuk pembahasan tingkat II untuk mendengarkan laporan pansus untuk persetujuan sidang paripurna DPRD yang berlangsung pada Senin 24/5/2021 di DPRD Maluku Karang Panjang Ambon.

Wakil Ketua DPRD Maluku Asis Sangkala usai rapat Pansus I, II dan BAMPERDA mengatakan DPRD telah melaporkan 4 RAMPERDA usulan insiatif dewan sebelumnya yang tidak tuntas dibahas pada priode sebelumnya dan kemudian diselesaikan dewan oleh BAMPERDA telah selesai dibahas hari ini.

Bacaan Lainnya

Dikatakanya Sangkala ada 8 ramperda yang dibahas diantaranya 4 ditarik oleh Pemerintah daerah karena kewenagan tersebut bukan lagi kewenagan Provinsi sehingga dewan dan Pemerintah Daerah sepakat untuk menarik 4 buah ramperda tersebut.

Sehingga kata Asis dewan menyisakan beberapa ramperda diantaranya tentang bangunan gedung,jalan, ketahanan pangan dan juga kelembagaan masyarakat adat di Maluku.

Memgenai pansus I dan II sudah terbentuk dari tahun 2019 dimana pada waktu itu ada 7 ramperda yang disampaikan oleh pemerintah Daerah dan 4 remperda sudah ditetapkan sedangkan di tahun 2020 menyisakan 3 ramperda yang sangat penting dan strategis karena terkait dengan pembangunan parawisata Provinsi Maluku 2019-2025 dan rencana tentang industri.

Untuk itu sangatlah penting buat Daerah sehingga payung hukum membuat rencana induk keparawisataan supaya bisa memetakan semua potensi parawisata yang ada di Maluku sesuai dengan rotmep yang sudah ditetapkan.

Sehingga dalam ramperda yang sudah ditetapkan nantinya bisa disosialisasikan kepada masyarakat luas baik oleh Pemerintah Daerah yang punya otoritas menggunakan peraturan Daerah tersebut maupun DPRD sebagai pembentuk, Sehingga masyarakat dapat mengetahui dengan insiatif dewan yang ada telah menghasilkan prodak hukum sehingga dapat diakses oleh masyarakat.

Harapanya dalam waktu dekat ini juga DPRD akan paripurnakan untuk medengarkan pidato Gubernur Maluku atas persetujuan dewan,”Tutup Sangkala. (AN)

Pos terkait