Ratusan Personel Dikerahkan Amankan Tradisi Budaya Cakalele di Pelauw

Malukuexpress.com, POLDAMALUKU- Sempat fakum selama kurang lebih 13 tahun, tradisi budaya Cakalele di Negeri Pelauw, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, akan kembali digelar.

Untuk mengamankan Cakalele atau Ma’atenu yang rencananya dihelat pada Jumat (9/12/2022), Kepolisian Daerah Maluku mengerahkan ratusan personel gabungan TNI dan Polri.

Personel gabungan diberangkatkan menuju Negeri Pelauw, Pulau Haruku, pada Rabu (7/12/2022). Aparat dikerahkan menggunakan kapal penyeberangan Ferry dari Pelabuhan Waai, Kecamatan Salahutu, menuju Pelabuhan Wairiang, Kecamatan Pulau Haruku.

“Personel gabungan TNI Polri yang dikerahkan untuk mengamankan budaya Cakalele di Pelauw sebanyak kurang lebih 579 orang. Mereka diberangkatkan dari pelabuhan Waai (Ambon) menuju Wairiang (Haruku),” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat.

Tradisi Cakalele sendiri biasanya digelar selama tiga tahun sekali. Namun karena satu dan lain hal sehingga tarian untuk menguji kekebalan tubuh dari senjata tajam ini baru dapat dilaksanakan kembali. (*

Pos terkait