Syauta : USAID APIK Hingga Hari Ini Sudah Sangat Berperan

  • Whatsapp

Ambon, MX.com. Penutupan adaptasi dampak perubahan iklim yang digagas oleh Lembaga USAiD dengan Tema : ‘Mari Kalesang Negeri’ mendapat apresiasi dari segenap peserta yang hadir. Kegiatan ini berlangsung di Ambon Hotel Amaris. Kamis (5/12)

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Roy Syauta mewakili Gubernur Maluku. Saat ditemui wartawan usai acara penutupan Syauta mengatakan, “Dengan adanya USAiD APIK dari tahun 2014 hingga hari ini sangat membantu sekali Pemerintah Daerah dalam mengadopsi program-program dari bawah.

Lanjutnya, USAID APIK hingga hari ini sudah sangat berperan dalam membantu “adaptasi dampak perubahan iklim” di maluku. Data-data yang dimiliki oleh USAID APIK adalah data dari bawah sehingga hal ini bisa diadopsi dan sudah bisa masuk dan ini juga bagian kegiatan dari pemerintah pusat, Jadi kita sangat terbantu sekali dengan adanya kehadiran USAID APIK, “jelasnya. 

Tambahnya, Dulu sebelum adanya program dari USAID APIK ini kita sangat mudah sekali mengadopsi program. Progaram sebagai contoh dana desa bisa diketahui dengan adanya pengelolaan yang baik dengan adanya USAID APIK tentang pengelolaan ketangguhan desa menghadapi bencana, nah dengan adanya dana desa ini, bisa dikelola dengan baik lewat program terbantu dari USAID APIK ini.

Kita berharap kedepan, kegiatan yang digagas oleh ISAID APIK lewat program-program dilapangan seperti program adaptasi dampak perubahan iklim ini, jangan berhenti disini, “Ini baru penutupan saja kedepan kegiatan ini akan terus berlanjut bukan hanya di kabupaten maluku tengah dan aru saja tapi pada daerah lain juga”,”terangnya.

“Dengan adanya kegiatan ini materi bencana akibat dampak perubahan iklim, bisa kita ketahui dan atasi secara dini”,”tutupnya.

Kegitan penutupan adaptasi ada pak perubahan iklim, selain dihadiri oleh pimpinan USAID APIK Perwakilan pusat, juga dihadiri oleh lembaga-lembaga swadaya masyarakat, pihak BMKG Maluku, Peserta dari BNPB Maluku, tokoh masyarakat serta lembaga swasta lain.

Acara ditutup dengan pemberian cenderamata dan bingkisan dari pemerintah daerah kepada perwakilan lembaga USAID Pak Paul. (RS)

Pos terkait