Pemerintah Diharapkan Ada Penanganan Bencana Sebelum Terjadi Musibah Tanah Longsor

  • Whatsapp

Malukuezpress.com, Pasca Hujan lebat yang mengguyur Kota Ambon pada Minggu (4/7/2021) kemarin mengakibatkan 1 rumah warga mengalami longsor yang cukup parah.

Dari informasi yang dihimpun media kami di lokasi terjadinya bencana longsor karena curah hujan di kota ambon yang cukup tinggi sehingga mengakibatkan ambruknya rumah korban Jufri Ode warga Kebun Cengkeh RT 05/RW 06 Desa Hative Kecil Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Bacaan Lainnya

Sementara itu Anggota Komisi III DPRD Provinsi Maluku Fauzan Alkatiri saat di temui awak media di lokasi kejadian pada Selasa 6/7/2021, mengatakan harus adanya perhatian dari Pemerintah Daerah untuk melihat situasi dan bencana yang sering terjadi pada musim penghujan ini.

Menurut Alkatiri bencana ini tidak akan terjadi apabila perhatian dari Pemerintahq terhadap penataan kawasan dan daerah pembangunan rawan bencana dapat ditata secara baik sihingga ini harus menjadi perhatian serius Pemerintah dan dapat ditindaklanjuti.

Menurutnya masukan yang telah disampaikan kepada mitra baik itu dinas PUPR dan Pemukiman serta Badan Penanggulangan Bencana agar dalam menghadapi cuaca yang terjadi sekarang ini mestinya Pemerintah harus memberikan perhatian khusus kepada masyarakat yang tingal di daerah rawan longsor sehingga potensi korban ketika terjadinya bencana dapat ditekan,”Ungkap Alkatiri.

Untuk itu kami turut prihatin dan beduka dengan peristiwa yang terjadi saat ini, sehingga frame kita harus sama bahwa keselamatan warga itu adalah hal yang paling utama, percuna kita berbicara tentang kepedulian terhadap masyarakat tetapi hal hal sepele seperti ini masih diabaikan.

Oleh karena itu mudah mudahan peristiwa seperti ini menjadi perhatian kita bersama sehingga kejadian kejadian seperti ini tidak terulang kembali apabila pemerintah mau melihat kondisi di daerah rawan bencana sebelum bencana tersebut terjadi,”Harap Alkatiri. (AN)

Pos terkait