Pj. Bupati Malteng Launching Implementasi Digitalisasi Penerimaan Retribusi

Malukuexpress.com, Masohi – Pj. Bupati Maluku Tengah (Malteng) Dr. Rakib Sahubawa melaunching Implementasi Digitalisasi Penerimaan Retribusi di Lingkup Dinas Perhubungan Malteng, yang berlangsung di halaman kantor Bupati Malteng, senin (3/6/2024).

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi dari Dinas Perhubungan Malteng dengan PT. Bank Maluku-Maluku Utara Cabang Masohi. Serta disaksikan langsung oleh Pimpinan PT. Bank Maluku-Maluku Utara Cabang Masohi, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda dan Para Pimpinan OPD Lingkup Pemda Malteng.

Sahubawa mengungkapkan mengapresiasi dukungan dan kerjasama dari PT. Bank Maluku-Maluku Utara Cabang Masohi dalam mendukung percepatan digitalisasi di wilayah Malteng, dengan melakukan terobosan baru dalam proses penerimaan retribusi sektor perhubungan.

“Tentunya program ini akan sangat penting untuk mendukung percepatan penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) dalam rangka meningkatkan layanan, memperbaiki pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah menjadi lebih efisien, transparan dan akuntabel sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ucap Sahubawa dalam sambutannya.

Menurut Sahubawa, digitalisasi penerimaan retribusi ini, bukanlah hanya tentang memindahkan proses dari bentuk manual ke digital. Ini adalah tentang transformasi, tentang membawa Pemkab Malteng ke era baru, di mana teknologi berperan penting dalam mendukung proses-proses yang lebih cepat, lebih efisien, dan lebih akurat.

“Saya berharap agar penerapan implementasi digitalisasi penerimaan ini akan dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan, serta terus dikembangkan secara optimal pada seluruh titik penyumbang retribusi sektor perhubungan di wilayah Malteng,” harapnya.

“Terkait dengan itu, maka yang paling penting adalah kita dapat memberikan edukasi atau pemahaman kepada masyarakat secara bertahap, untuk turut aktif memanfaatkan dan menggunakan layanan berbasis digital ini, dan itu perlu keseriusan dari kita semua,” sambungnya.

Ia juga meminta untuk menjadikan digitalisasi ini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas layanan publik, mempercepat pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Melalui kesempatan yang berharga ini, saya ingin mengucapkan terima kasih sekali lagi kepada PT. Bank Maluku-Maluku Utara Cabang Masohi dan semua pihak yang telah berperan serta dalam merancang dan menjalankan program inovatif ini,” pintah Sahubawa. (ME-08)

Pos terkait