Rahawarin : Saya Konsisten Dengan Amanah Yang Dipercayakan Rakyat

  • Whatsapp

Langgur, MX.com. Saya akan tetap konsisten dengan amanah yang dipercayakan masyarakat. Selain itu, saya pun berkomitmen untuk senantiasa mengawal aspirasi masyarakat khususnya yang berada di daratan Pulau Kei Besar.Sebagai wakil rakyat yang kembali dipercayakan rakyat, saya akan terus mengawal program pemerintah daerah, terutama yang difokuskan ke Kei Besar, “Hal ini dikemukakan oleh Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Yohanes Bosko Rahawarin kepada awak media usai prosesi pelantikan DPRD, Jumat (01/11).

Anggota dewan dua periode itu mengatakan, pernyataan dan janji Presiden Jokowi yang akan memberi perhatian khusus dengan membangun 170 km jalan lingkar bagi Kei Besar sebagaimana yang disampaikan Bupati Maluku tenggara. M.Thaher Hanubun serta pengalokasian 69 persen APBD Malra 2020 bagi pembangunan Kei Besar, patut untuk disyukuri.

Menurutnya, perhatian yang diberikan pemerintah pusat ini penting mengingat sebagian besar penyumbang masyarakat pra sejahtera berada di Pulau Kei Besar, terutama di Kei Besar Utara Timur dan Kei Besar Utara Barat. Maka sudah seharusnya, fokus perhatian dan dukungan DPRD Malra periode ini terpusat pada amanah tersebut. Sebagai tindak lanjut, Rahawarin mengaku, akan senantiasa memberikan pengawasan melalui rapat kerja, rapat dengar pendapat maupun rapat paripurna.

Selain itu, pihaknya akan terus mendorong Pemda Malra untuk terus membangun komunikasi dengan pihak pemerintah pusat. “Sebagai anggota dewan, saya dan rekan-rekan akan mengawal dan terus mendorong pemerintah daerah untuk terus berkomitmen sesuai dengan RPJMD yang ada dan sebagaimana janji-janji politik mereka untuk memperhatikan Kei Besar,” tegasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, secara garis besar Kei Kecil sudah banyak mendapat perhatian pemda. Meskipun demikian, menurut Rahawarin, masih ada hal-hal yang harus tetap diperhatikan.“Misalnya di daerah Ur Pulau, Warbal dan Tanimbar Kei serta sebagian kecil wilayah Kei Kecil, baik timur, barat dan Kei Kecil sendiri, yang memang masih perlu adanya sentuhan Pemda Malra,” jelasnya.

Di sisi lain, Rahawarin menyatakan, perlu diakui bahwa selama masa 10 tahun pemerintahan Bupati terdahulu Anderias Rentanubun telah banyak memberikan warna positif bagi pembangunan di daerah ini. Meski begitu, masih ada banyak juga hal yang perlu untuk dilanjutkan oleh pemerintahan saat ini.

“Senada dengan pernyataan Ketua DPRD Malra periode 2014-2019 bahwa sekecil apapun sumbangsih yang telah diberikan oleh periode sebelumnya, maka sekiranya hal ini patut diberi apresiasi. Namun, perlu disadari pula bahwa memang masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan seperti infrastruktur, listrik, jaringan telekomunikasi dan lain sebagainya,” ungkap Rahawarin.

Ia mengungkapkan, ke depan tugas anggota DPRD juga diprioritaskan pada pembuatan dan pembahasan Peraturan Daerah (Perda) mengingat ada beberapa Rancangan Peraturan Daerah yang belum selesai.

Untuk itu, Rahawarin kembali menegaskan komitmennya bahwa sebagai anggota legislatif yang bermitra dengan pemerintah daerah, dirinya akan terus bermitra dan membangun komunikasi secara intens.“Khususnya bagi saya secara pribadi akan terus mendorong teman-teman yang ada di lembaga ini untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas yang belum diselesaikan anggota dewan periode sebelumnya,” katanya.

Rahawarin juga menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Maluku Tenggara yang telah mendukungnya pada Pemilu 2019 lalu sehingga ia bisa dilantik sebagai anggota legislator Malra untuk kedua kalinya.

“Saya sangat berterima kasih kepada masyarakat yang selama ini sudah mendukung saya. Terutama bagi masyarakat yang ada di Dapil I, di mana telah mempercayakan saya untuk kembali melanjutkan perjuangan sebagai anggota DPRD di lembaga yang terhormat ini, terimakasih,” pungkasnya. (ON)

Pos terkait