Bupati Malteng Buka Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD Kabupaten Malteng Tahun 2022 Di Kecamatan Telutih

  • Whatsapp
Bupati Malteng Buka Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD Kabupaten Malteng Tahun 2022 Di Kecamatan Telutih

Malukuexpress.com, Bupati Maluku Tengah H. Abua Tuasikal, SH dalam sambutannya Pada Acara Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rkpd Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2022 Di Kecamatan Telutih Tanggal, 17 Februari 2021

Yang hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah, Pimpinan OPD Lingkup Pemda Kabupaten Maluku Tengah, Kepala Kecamatan dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Telutih, Pimpinan Puskesmas dan Korwil Pendidikan Kecamatan Telutih, Para Kepala Pemerintah Negeri dan Ketua Tim Penggerak PKK Negeri se-Kecamatan Telutih, Para Kepala Sekolah se-Kecamatan Telutih, Para ASN, Tokoh Agama, Insan Pers, Hadirin dan Undangan.

Bacaan Lainnya

Pertama-tama saya mengajak kita semua memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas ridho dan tuntunanNya sehingga pada hari ini kitamasihdiberikesempatan, kekuatan, dan kesehatan untuk menghadiri acara “Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2022 di Kecamatan Telutih”, yang dapat berjalan lancar, tertib dan sukses.

Berkenaan dengan itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah saya memberikan apresiasi atas terselengaranya kegiatan ini karena sangat penting dalam rangka mengakomodir kepentingan masyarakat sekaligus sebagai wadah partisipasi untuk menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif, transparan dan akuntabel.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa, Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2014 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, telah mengamanatkan bahwa perencanaan pembangunan daerah adalah satu kesatuan dalam sistem perencanaan nasional dengan tujuan untuk menjamin adanya keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian, dan evaluasi.

Olehnya itu, Musrenbang RKPD di Tingkat Kecamatan saat ini, adalah forum musyawarah lanjutan antara Pemerintah Kecamatan dan Negeri bahkan stakeholders dan pemangku kepentingan terkait untuk menyamakan persepsi bersama dalam hal perencanaan pembangunan yang akan dituangkan dalam berbagai program prioritas Pembangunan Daerah dan diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah demi terwujudnya Visi Misi Bupati Maluku Tengah dan Wakil Bupati Maluku Tengah Tahun 2017-2022, yakni “Mewujudkan Maluku Tengah Yang Lebih Maju, Sejahtera Dan Berkeadilan Dalam Semangat Hidup Orang Basudara”.

Terkait dengan itu, perlu menjadi perhatian kita bersama dalam menyikapi kondisi negara saat ini khususnya menghadapi pandemi COVID-19 dan perkiraan tahun 2022, maka marilah kita membuka dan mencermati beberapa isu strategis dan permasalahan yang dapat dijadikan dasar dalam penentuan program dan kegiatan yang telah dituangkan dalam tema sentral Musrenbang RKPD Tahun 2022 antara lain yaitu : upaya peningkatan kualitas SDM dan investasi infrastruktur melalui pengembangan inovasi.

Oleh karena itu, saya berharap agar forum ini senantiasa menjadi landasan yang penting dan strategis bagi terbentuknya persamaan presepsi dan betul-betul terjadi dialog yang interaktif dan dialogis sehingga dirumuskan perencanaan pembangunan yang baik dengan berpedoman pada aturan perundang-undangan yang berlaku, transparan dan akuntabel, yang akan menjadi bagian dari RKPD Tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah.

Melalui kesempatan ini, saya perlu mengingatkan kembali kepada seluruh Kepala Pemerintah Negeri danTim Penggerak PKK Negeri, untuk terus bekerja keras dan berupaya mendukung Pemerintah Daerah dalammenyelesaikan permasalan kesehatan yang dialami masyarakat terutama masalah pemenuhan gizi dan percepatan penurunan stunting sebagai bagian dari upaya mencapai keberhasilan pembangunan kesehatan di Kabupaten Maluku Tengah yang kita cintai bersama.

Pada kegiatan kunjungan disaat ini pula, Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah melalui OPD terkait dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah akan melakukan kegiatan Pengobatan Massal, Khitanan Massal dan Sosialisasi Sekolah Ramah Anak. Hal ini tentunya semata-mata kami lakukan sebagai bukti komitmen dan kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah untuk terus berupaya memberikan yang terbaik bagi  peningkatan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di daerah ini.

Selanjutnya, mengingat masih maraknya penyebaran COVID-19 hingga saat ini, maka dengan tidak henti-hentinya saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Maluku Tengah agar senantiasa terus menjaga kedisiplinan dalam mencegah penyebaran COVID-19 dengan tetap mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjaga imunitas dan kesehatan tubuh kita masing-masing.

Saya terus berharap agar kita semua terus bekerjasama dan bergandeng tangan, bahumembahu mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah, serta melayani masyarakat sesuai tugas dan tanggung jawab diamanahkan kepada kita sehingga masyarakat dan daerah ini makin maju dan sejahtera,”tutupnya. (Hms)

 

Pos terkait