2010 Lulus Murni Tapi Belum Diangkat, 180 CPNS SBB Berharap Bupati Ke Pempus Minta Jalur Khusus Ke Presiden

Persoalan Solusi Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil Menjadi Pegawai Negeri Sipil adalah masalah yang bisa teratasi, jika benar-benar dan betul-betul pemerintah Daerah menseriusinya, dengan menyiapkan segala sesuatu yang perlu disiapkan supaya bisa dibuktikan untuk diangkat menjadi PNS. Ini bisa dibuktikan pada kejadian CPNS Pelamar Umum Tahun 2010 di Kabupaten Seram Bagian Barat Provinsi Maluku, dimana telah lulus murni, kemudian diberkaskan untuk selanjutnya menjadi PNS. Namun yang pada akhirnya sampai saat ini 180 CPNS belum diangkat-angkat menjadi PNS di semua formasi strategis dan tenaga kesehatan.

Kabupaten Seram Bagian Barat kalau dilihat telah menjadi daerah otonomi baru yang masih membutuhkan PNS paten yang mampu mengatur rumah tangganya sendiri dan terus menerus melakukan kordinasi dengan provinsi dan pusat untuk segala persoalan pembangunan demi mensejahterakan rakyatnya sesuai amanat undang-undang di Negara Kesatuan Republik Indonesia menuju masyarakat yang adil dan makmur. Kalau dilihat Persoalan CPNS jadi PNS segala sesuatu yang mudah tidak dipersulit, jika terus melakukan kordinasi dan mampu memberikan arahan yang transparan dan akuntabel sepanjang jika ada kesalahan, mari duduk bersama-sama satu meja untuk diselesaikan demi sebuah keadilan sosial bagi seluruh segenap masyarakat Indonesia  yang didalamnya adalah Anak-anak bangsa Indonesia 180 orang CPNS yang tidak berdosa tapi terbuang oleh Negara selama 10 Tahun belum jelas arah keseriusan Pemda Kabupaten Seram Bagian Barat dalam memperjuangkan nasih menjadi PNS tulen.

Perlu digaris bawahi segala sesuatu bisa terproses. Sebagai contoh, dibidang olah raga saja, Menteri Pemuda dan Olah Raga RI terus menerus memberikan peluang bagi para atlit-atlit di Negara ini yang berprestasi untuk diangkat menjadi PNS melalui jalur khusus bermodalkan medali emas, perak dan perunggu di setiap iven PON, Sea Games, Asian Games, Olimpiade serta kejuaraan dunia lainnya, yah memang betul untuk kepentingan bangsa dan negara di mata dunia, tapi logikanya harus tes dong sesuai ketentuan UU di Negara Indonesia. Tapi kenyataannya tidak tes tapi langsung diangkat menjadi PNS, dan itu melalui sebuah kordinasi yang terintegrasi dan benar yakni melalui Menteri PAN-RB, BKN dan Menteri Keuangan RI serta Bapak Presiden RI. Dimana, seorang Menteri melakukan kordinasi yang baik dan benar sebagai seorang pemimpin yang bertanggung jawab. “jadilah produk atlit Prestasi Jadi PNS” buah tangan Pak Menteri yang luar biasa.

Terjadi sekarang ini adalah persoalan yang pakai logika, terjadinya di Kabupaten Seram Bagian Barat Provinsi Maluku, 180 orang CPNS telah lulus murni sesuai SK Kelulusan Bupati Seram Bagian Barat tertanda tangan atasnama Negara, kemudian telah pemberkasan sesuai ketentuan UU untuk memperoleh NIP dan menunggu menjadi PNS. Namun, hingga saat ini 10 Tahun sejak tahun 2010 sampai sekarang belum diangkat menjadi PNS.  Memang ada apa? dan memang harus dikatakan jujur ‘ada masalah besar’, dan Pemda SBB atasnama Negara, dalam hal ini, Bupati sebagai Seorang Pemimpin yang mempunyai otoritas penuh sama seperti Pak Menteri tadi, untuk turun tangan serta harus bertanggungjawab penuh sebagai pemangku pejabat daerah yang mempunyai visi dan misi membangun daerah otonom ke arah yang lebih baik dengan berkordinasi dengan Gubernur Maluku terlebih dahulu sebagai penyambung pempus di daerah, kemudian ke Menteri PAN-RB, BKN serta Menkeu memperjuangkan nasib 180 orang CPNS Kabupaten Seram Bagian Barat Provinsi Maluku yang lulus murni melalui pembuktian SK Kelulusan Bupati SBB Tahun 2010 atasanama Negara lewat Jalur Khusus.

Harapan Besar, Pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat dalam hal ini Bupati Seram Bagian Barat Drs. M. Yasin Payapo, M.Pd bisa mengunakan Otoritasnya di daerah melakukan koordinasi seperti Pak MENPORA RI tadi. Kordinasi yang benar Niscaya Kalau ada niat hati 0,1 persen saja untuk melangkah atas ridho Allah SWT, segala batas dapat ditembusi tanpa ada halangan. Semua Keyakinan Anak-anak bangsa ada di tangan Bapak, ambil bola baik ini “Insyah Allah” Jalan Mulus Bapak Diberkati dan apa saja yang bapak minta dalam Nama Allah Yang Maha Kuasa. Amin segala sesuatu Jadi. Wassalam. Syalom. (Donny Kilikily Wakil Ketua Generasi Muda Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI-Polri (GM-FKPPI) Pengurus Daerah 23 Provinsi Maluku serta Pemerhati Masalah Sosial di Maluku)

Pos terkait