Masyarakat Komplain PLN Akibat Pemadaman Listrik Tidak Beraturan

  • Whatsapp

Tual, MX. com. Masyarakat di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual komplain PLN terkait pelayanan PLTD langgur yang terkesan setiap tahun pada 3 bulan terakhir selalu terjadi pemadaman listrik baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini disampaikan salah satu pemuda Kota Tual yang enggan namanya disebut. Selasa. (19/11) di taman kota.

Dirinya menjelaskan bahwa, dengan adanya pemadaman baik yang sudah diberi tahu melalui RRI maupun pengumuman langsung lewat pihak PLN itu baik yang sudah dijadwalkan atau pemadaman secara tiba – tiba pada siang dan malam hari itu sering mengakibatkan kerugian terhadap masyarakat secara tidak langsung. dimana banyak terjadi kerusakan peralatan elektronik yang digunakan dirumah baik kulkas, TV, mesin cuci, dan yang lain-lain.

Ia menjelaskan lagi bahwa, menjadi pertanyaan kenapa sampai sering terjadi lampu mati di siang hari di luar jadwal, ada sampai 2 kali pemadaman dalam sehari, selain itu beberapa waktu lalu lampu pada malam hari terjadi pemadaman tiba-tiba beberapa kali pada padam, dan ini bukan terjadi saat ini saja, namun kenyataannya setiap tahun pada 3 bulan terakhir sering terjadi pemadaman, baik terjadi gangguan pada jaringan, maupun gangguan mesin, namun patut di curigai dan diduga ada kerusakan dan gangguan pemadaman yang dibuat-buat atau sengaja PLN melakukan itu untuk menghemat bahan bakar.

Ketika koran ini mencoba mengkonfirmasi dengan pihak PLN ditempat terpisah maka yang mewakili Direktur PLN Langgur karena Direktur di luar daerah, manager bagian jaringan JHON PIETER RANGOTWAT di ruang kerjanya menjelaskan bahwa terjadi pemadaman lampu itu yang pertama karena kami mencoba menstabilkan tegangan diluar dan sekitarnya jadi ada upaya-upaya perbaikan jaringan, yang kedua kami mencoba mesin yang baru pembangkit listrik tenaga mesin dan gas (PLTNG) yang ada di dullah sehingga, kedepan masyarakat Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara bisa menikmati listrik dengan baik.

Pieter lebih menjelaskan bahwa biasanya pemadaman yang dilakukan PLN itu ada pemadaman emergency karena terjadi gangguan di mesin atau terjadi gangguan pada jaringan yang sering terjadi dan menjadi keluhan masyarakat di akibatkan pemadaman. Sementara pemadaman bersifat total berarti ada kegiatan atau pekerjaan PLN yang dilakukan petugas kalau, pemadaman yang sering terjadi 2 sampai 3 kali ada pada waktu tertentu itu bukan unsur kesengajaan atau ada rencana yang dilakukan untuk penghematan BBM atau bahan bakar minyak, tetapi itu benar-benar ada gangguan yang terjadi diluar yang kita ketahui contoh ada waktu tertentu baik siang hari maupun banyak terjadi di malam hari yaitu sering terjadi pada jaringan dimana binatang kelelawar yang menabrak jaringan sehingga tergantung pada jaringan kabel mengakibatkan terjadi korslet sehingga lampu mati seperti terjadi beberapa kali di jaringan danar, debut dan lain-lain seperti juga terjadi di ngilngof di saat kegiatan Bali Kei, selain itu ada juga terjadi gangguan mesin yang tiba-tiba terjadi.

Tambahnya, untuk ketahuan masyarakat bahwa pelayanan dari PLTD langgur mencakup danar sampai di pulau dullah dan PLN untuk malam hari tidak ada kegiatan kecuali sekarang ada uji coba terhadap mesin baru UP3 di dullah selama 15 hari kedepan tetapi bisa juga ada pemadaman di waktu tertentu untuk pemasangan dan perbaikan jaringan baru di Kota Tual dijalur tertentu dan sementara pemadaman yang dirasakan masyarakat di Kota Tual maupun di Kabupaten Maluku Tenggara itu, karena PLTD Langgur sementara melayani di kabupaten maluku tenggara dan kota tual sehingga ada gangguan di danar sana atau di ngilngof sana maka secara otomatis semua jaringan tetap terpadam lampu karena ini adalah sistim paralel mesin.

“Kalau mesin terpisah pelayanan contoh ada mesin yang melayani jalur jaringan dan maka disaat gangguan tidak terdampak bagi yang lain seperti di dullah atau sebaliknya”, sehingga kita mau mencoba supaya untuk jangan ada pemadaman kita minta (PLTNG) dullah sementara rakit mesin untuk mengatasi pemadaman karena mesin di PLTD langgur beberapa waktu lalu ada gangguan sehingga kita berupaya supaya mesin itu lebih handel untuk mengatasi semua masalah pelayanan”, “ungkapnya.

Untuk itu, sebagai ketahuan masyarakat bahwa di PLN, ada dua wilayah UPK Maluku di Ambon. Sementara kedepan unit pelaksana pelayanan pelanggan (UP3 TUAL) membawai ULP Kota Tual ,ULP Dobo, ULP Elat, dimana dulu PLN Area Tual tetapi sekarang diganti nama dengan unit pelaksana pelayanan pelanggan (UP3 TUAL). (Ohbut Naraha)

Pos terkait